Persepsi Siswa dan Guru Terhadap Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Dengan Menggunakan Metode Inquiry Learning

Main Article Content

Dwi Astuti Wahyu Nurhayati
Dini Karunia Utami

Abstract

Pengembangan bahan ajar merupakan suatu tahapan atau proses yang dilakukan secara sistematis yang mencakup kegiatan mengidentifikasi, mengembangkan dan mengevaluasi isi serta strategi dalam pembejaran yang mengarah pada pencapaian tujuan pembelajaran yang lebih efektif dan efesien. Persepsi dari siswa yang dapat menentukan kelayakan dari bahan ajar yang telah dikembangakan pada mata pelajaran sejarah yang dimana pada mata pelajaran sejarah dibutuhkanya bahan ajar yang efesien untuk menunjang belajar siswa. Metode inquiry learning merupakan metode proses pembelajaran yang didasarkan pada pola berfikir siswa secara sistematis. Siswa dilatih untuk berfikir memecahkan masalah secara madiri agar siswa dapat berfikir secara kritis dalam pembelajaran tidak hanya mengandalkan guru nya saja. Penelitian ini terfokuskan pada persepsi siswa terhadap pengembangan bahan ajar E-Modul dengan model inquiry learning mata pelajaran sejarah. Pada penelitian ini dengan menggunakan metode penelitian Research and Development (RnD) yang sering disebut dengan penelitian dan pengembangan. Pada penelitian ini peneliti menggunakan prosedur penelitian dalam pengembangan bahan ajar ini mengacu pada Borg and Gall yang mencangkup 7 langkah yang meliputi pertama pengumpulan data (obeservasi, wawancara, angket dan soal post-test). Kedua Perencanaan (menentukan KI dan Kd serta pemilihan materi yang akan dikembangkan dalam bahan ajar). Ketiga pengembangan draf awal. Keempat Uji validasi (meliputi validasi ahli materi, ahli media dan ahli guru mata pelajaran). Kelima revisi produk. Keenam uji coba lapangan (Uji coba skala kecil dan besar). Ketujuh Revisi akhir. Objek utama pada penelitian ini yaitu siswa kelas X pada lembaga MAN 1 Trenggalek.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Nurhayati, D. A. W., & Utami, D. K. (2023). Persepsi Siswa dan Guru Terhadap Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Dengan Menggunakan Metode Inquiry Learning. Jurnal Informatika Dan Teknologi Pendidikan, 3(2). https://doi.org/10.25008/jitp.v3i2.30
Section
Articles

References

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.2003. (Kamus Besar Bahasa Indonesia)Balai pustaka

Kosfiatun Siti.2014. “Peran pembelajaran sejarah menggunakan model inkuiri sosial terhadap pembinaan sikap nasionalisme” Journal of history education, Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang Vol. 3(1)

Nasution.S.1992. “berbagai pendekatan dalam proses belajar dan mengajar” Jakarta: Radar Jaya offset

Repository Universitas Negeri Yogyakarta

Repiaitory Universitas Pasundan

Susilowati Endang, dkk. 2012 “Studi Komparasi Penggunaan metode Pembelajaran TGT dan STAD Terahadap Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Pokok

Prasetya Saka Agus I Gede“Pengembangan E-Modul mata pelajaran Pemodelan perangkat lunak kelas XI dengan model problem based learning di SMKN 2 Tabanan” jurnal pendidikan tekhnologi dan kejuruan