Perkembangan Pendidikan Dengan Penerapan Pembelajaran Secara Daring Di Era Pandemi Covid-19

Main Article Content

Miftahul Jannah
Devi Yusnila Sinaga
Jahro Muniro
Syarif Hidayat
Sukron Habibi Hasibuan

Abstract

Pendidikan adalah segala daya upaya dan semua usaha untuk membuat masyarakat dapat mengembangkan potensi manusia agar memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, berkepribadian. Pendidikan dikembangkan untuk dapat membentuk kepribadian melalui pendidikan lingkungan yang bisa dipelajari baik secara sengaja maupun tidak.   Dalam perkembangan pendidikan, situasi dan kondisi sekitar sangat berpengaruh dalam proses keberlangsungannya. Hal ini berkaitan dengan kurikulum dan sistem pendidikan yang diterapkan disuatu kondisi pendidikan.


Sistem Pendidikan di Indonesia berkembang dengan sistem yang bernama kurikulum 2013. Pembelajaran yang dilakukan untuk memusatkan kemampuan peserta didik dan mengembangkan bakat peserta didik. Mengaitkan sistem pendidikan sekarang dengan keadaan masa pandemic sungguh bertolak belakang. Pendidikan yang dilakukan secara daring memberikan jalan baru untuk dunia pendidikan mengembangkan pembelajaran yang lebih modern. Pendidikan dengan menggunakan teknologi ini, dapat diterapkan untuk mengatasi dan mengantisipasi keadaan pandemi yang mengharuskan kegiatan pembelajaran dengan teknologi. Pendidikan diterapakan dengan penyesuaian kondisi dan keadaan lingkungan disekitar.  Pendidikan berupaya untuk dapat menerapkan pembelajaran yang efektif. Salah satu upaya pendidikan untuk mewujudkan pembelajaran efektif diera pandemic ialah dengan pembelajaran secara daring.


Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka yang sesuai dikembangkan. Studi pustaka tersebut terdiri dari 4 langkah, yaitu pemilihan topic artikel, mencari serta menyeleksi artikel dan buku yang berkaitan dengan topik, menganalisis dan mensintesis literatur, dan mengorganisasikan tulisan.


Praktik yang dikembangkan dalam pendidikan dengan menerapkan pembelajaran secara daring memberikan pengaruh besar. Sistem pembelajaran daring mengenalkan peserta didik tentang pemanfaatan teknologi, pembelajaran yang lebih kondusif serta belajar mandiri. Pemanfaatan pembelajaran dengan menggunakan sistem daring membantu perkembangan pendidikan kearah yang lebih maju. Sehingga pembelajaran daring memberikan inovasi baru terhadap dunia pendidikan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Jannah, M., Sinaga, D. Y., Muniro, J., Hidayat, S., & Hasibuan, S. H. (2023). Perkembangan Pendidikan Dengan Penerapan Pembelajaran Secara Daring Di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Informatika Dan Teknologi Pendidikan, 3(1), 1–7. https://doi.org/10.25008/jitp.v3i1.39
Section
Articles
Author Biographies

Miftahul Jannah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

 

 

Devi Yusnila Sinaga, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

 

 

Jahro Muniro, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

 

 

Syarif Hidayat, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

 

 

Sukron Habibi Hasibuan, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

 

 

References

Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–28.

Daniel Hasibuan, M. T., Mendrofa, H. K., Silaen, H., & Tarihoran, Y. (2020). Hubungan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Akademik Pada Mahasiswa Yang Menjalani Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19. Indonesian Trust Health Journal. 3(2), 387–393.

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan. 2(1), 55–61.

efektivitas-pembelajaran-melalui-metode-daring-online dalam masa-darurat-covid-19/

Ermayulis, S. (2020). Penerapan Sistem Pembelajaran Daring dan Luring Di Tengah Pandemi Covid-19. 2 Juni 2022).

Evayanti, D. (2020). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MELALUI METODE DARING (ONLINE) DALAM MASA DARURAT COVID-19.

Harnani, S. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19.1 Juni 2022).

Jatira, Y., & Neviyarni, S. (2021). Fenomena Stress dan Pembiasaan Belajar Daring Dimasa Pandemi Covid19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 35–43.

Nafrin, A. I & H. (2021). Perkembangan Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan. 3(2), 456-462.

Noveandini, R., & Wulandri, M. S. (2010). Pemanfaatan Media Pembelajaran Secara Online ( E-Learning ) Bagi Wanita Karir Dalam Upaya Meningkatkan Efektivitas Dan Fleksibilitas Pemantauan Kegiatan Belajar Anak Siswa / I Sekolah Dasar. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi, 2010(Snati). 71– 74.

Nurkholis. (2013). Pendidikan dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan. 1(1), 24-44.

Setyosari, P. (2018). Menciptakan Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jurnal Inovasi dan Teknologi pembelajaran. 1(1), 20-30.

Sofyana, L., & Rozaq, A. (2019). Pembelajaran Daring Kombinasi Berbasis Whatsapp Pada Kelas Karyawan Prodi Teknik Informatika Universitas Pgri Madiun. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatik JANAPATI). 8(1), 81.

Sudjiarto. 2008. Landasan dan Arah Pendidikan Nasional Kita.Jakarta: PT Kompas Media Nusantara.

Tirtarahardja, Umar. 2005. Pengantar Pendidikan, Jakarta : Rineka Cipta.

Yusuf, B. B. (2018). Konsep dan Indikator Pembelajaran Efektif. Jurnal Kajian dan Keilmuan. 1(2), 13-20.