Pemanfaatan Aplikasi Quizlet Dalam Pembelajaran Di Era Milenial

Main Article Content

Vani Azhari
Aisyah Rahma Fitri Tanjung
Rahmi Arsita Br Ginting
M. Ikhsanul Khoir

Abstract

Ketertarikan remaja Indonesia terhadap pengaplikasian smartphone sayangnya masih banyak diperuntukkan dalam aktivitas hiburan, dan belum mengarahkan pada kegiatan yang lebih positif dan produktif terutama dalam hal Pendidikan. Proses belajar dan mengajar pada akhirnya dituntut untuk lebih kreatif dan pada akhirnya mengarah kedigital, dan pada pembelajaran digital menuntut kreativitasan dan inovasi peserta didik dan pendidik untuk terus meningkatkan kompetensinya, dan dengan memanfaatkan digital proses belajar dan mengajar akan lebih menarik, efektif, dan sesuai dengan perkembangan jaman. Penelitian ini merupakan studi literatur dengan pendekatan kualitatif. Dengan mengumpulkan data, teori dan hasil penelitian yang relevan untuk menjelaskan kelebihan yang dimiliki aplikasi Quizlet. Terdapat lima tahapan yang harus dilalui untuk mrngungkapkan kelebihan0kelebihan yang dimiliki oleh aplikasi Quizlet sebagai media pembelajaran berbasis smartphone. Lima tahapan ini terdiri dari (1) menginventarisasi gagasan dan pemikiran yang dilakukan dengan membaca artikel ilmiah yang berkaitan dengan topik penelitian; (2) mengkoleksi referensi yang relevan dalam bentuk buku dan artikel ilmiah yang terkait; (3) menginventarisasi teori dan pendekatan yang relevan untuk mendukung topik yang dipilih; (4) melakukan olah data dan fakta yang terkait dengan teori yang berlaku untuk menghasilkan konsep atau solusi tertentu; (5) melakukan proses penulisan artikel ilmiah. Quizlet merupakan media pembelajaran online yang dapat  dengan mudah diaplikasikan pada smartphone. Keunggulan Quizlet adalah dapat mempererat hubungan antara guru dan siswa melalui situs web dan perangkat smartphone yang sudah menggunakan sistem IOS maupun android.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Azhari, V., Tanjung, A. R. F., Ginting, R. A. B., & Khoir, M. I. (2023). Pemanfaatan Aplikasi Quizlet Dalam Pembelajaran Di Era Milenial. Jurnal Informatika Dan Teknologi Pendidikan, 3(1), 8–13. https://doi.org/10.25008/jitp.v3i1.43
Section
Articles
Author Biographies

Vani Azhari, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

 

 

Aisyah Rahma Fitri Tanjung, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

 

 

Rahmi Arsita Br Ginting, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

 

 

M. Ikhsanul Khoir, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

 

 

References

Aribowo, Eric Kunto. (2015). Quizlet: Penggunaan Aplikasi Smartphone untuk Siswa Dalam Mendukung Mobile Learning, Semin. Nas. Pendidik. Bhs.Indonesia. pp. 31-38.

Crandell, E.R. (2017). Quizlet Flashcard for the First 500 words of the Academic Vocabulary List. Thesis. Utah: Brigham Young University.

Deslianti & Muttaqin. (2016). Aplikasi Kumpulan Hadits Nabi Muhammad SAW Berbasis Android Menggunakan Algoritma Merge Short. Jurnal Pseudocode, Vol. III, No.2, https://ejournal.unib.ac.id/index.php/pseudocode/article/view/830

Di, U. K. M., & Wangunharja, D. (2020). Penggunaan Aplikasi Quizizz Dalam Proses Belajar Mengajar Online (Daring) Di SMK Widya Dirgantara. Jurnal Merpati, 1(2), 47–49.

Dimyanti, M. (2015). Belajar dan Pembelajaran. PT Rineka Cipta.

Foti, M. K. (2014). mobile elearning : how students use mobile devices to support learning. journal of literacy and technology, hal 58-78.

Kalecky, R. (2016). Quizlet vs. Vocabulary Notebook: The Impact of Different Methods of Storing and Revising Vocabulary on Students’ Progress, Retention and Autonomy. Thesis. Masaryk University: Department of English and American Studies Teaching

Kurniasih, i. d. (2016). implementasi konsep dan penerapan. kata pena.

Lestari, A., Kasim, S., & Parenreng, J. M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Quizlet Mobile Untuk Pembelajaran Linux Pada SMKN 10 Makassar. INTEC Journal: Information Technology Education Journal, 1(1), 52–60.

Moleong, L.J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sanjaya, W. (2016). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan (12th ed.). Prenadamedia Group.

Sari, D. E. (2019). Quizlet: Aplikasi Pembelajaran Berbasis Smartphone Era Generasi Milenial. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 29(1), 9–15.

Suhartatik, T. (2020). Implementasi Media Quizizz berbasis Android Terhadap Kualitas Pembelajaran dalam Mencetak Siswa Berprestasi di Tingkat Nasional. CV. Multimedia Edukasi.

Susanto, A. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kencana.

Purwianto, A. F., & Fahyuni, E. F. (2021). Pengaruh aplikasi Quizizz PAI dalam meningkatkan minat belajar siswa pada masa pandemi COVID-19. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 10(4), 551.