Analisis Tantangan dan Peluang Guru di Era Digital

Main Article Content

Feliks Rejeki Sotani Zebua

Abstract

Penelitian ini menganalisis tantangan dan peluang yang dihadapi oleh para guru di era digital. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dengan pendekatan library research. Hasil penelitian menunjukkan tantangan yang dihadapi oleh guru di era digital meliputi krisis moral, keterampilan melek digital, krisis sosial, perkembangan IPTEK, menjadi teladan, dan penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi. Guru harus beradaptasi dengan cepat dan menguasai teknologi yang relevan, sambil tetap menjadi teladan bagi siswa dan membimbing mereka dalam memahami batasan teknologi. Di sisi lain, peluang yang ada bagi guru di era digital adalah pengembangan bahan ajar berbasis digital yang fleksibel dan menarik, serta pengembangan bahan ajar berwawasan multikultural yang memperluas pemahaman siswa tentang dunia.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Zebua, F. R. S. (2023). Analisis Tantangan dan Peluang Guru di Era Digital. Jurnal Informatika Dan Teknologi Pendidikan, 3(1), 21–28. https://doi.org/10.25008/jitp.v3i1.55
Section
Articles
Author Biography

Feliks Rejeki Sotani Zebua, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nias

 

 

References

Al Fatah, N., & Amirudin. (2022). Peluang dan Tantangan Guru dalam Menghadapi Era Digital. http://journal.bungabangsacirebon.ac.id/index.php/eduvis/

Budiana, I. (2021). Menjadi Guru Profesional di Era Digital. JIEBAR : Journal of Islamic Education: Basic and Applied Research, 02, 2. https://doi.org/10.33853/jiebar.v2i2

Dedi, M. (2022). Peran PGRI di Era Digital: Peluang dan Tantangan (Vol. 11, Issue 1). https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/sosioedukasi/index

Ismail, S., Suhana, S., & Hadiana, E. (2020). Kompetensi Guru Zaman Now dalam Menghadapi Tantangan di Era Revolusi Industri 4.0. Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 5(2), 198–209. https://doi.org/10.15575/ath.v5i2.8659

Jufni, M., & Saputra, S. (2020). Kode Etik Guru dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. 8(4).

Latif, A. (2020). Tantangan Guru dan Masalah Sosial Di Era Digital. http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JISIP/index

Muniati, S. (2022). Pentingnya Pengembangan Kompetensi Guru Di Era Digital. JSG: Jurnal Sang Guru, 1, 230–234. https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/jsg/index

Rahman Taraju, A., Nurdin, N., & Pettalongi, A. (2022). Tantangan dan Strategi Guru Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Kajian Islam Dan Integrasi Ilmu Di Era Society 5.0 (KIIIES 5.0) Pascasarjana Universitas Islam Negeri Datokarama Palu 2022, 1, 311–316.

Setiawan, W. (2017). Era Digital dan Tantangannya. Seminar Nasional Pendidikan, 1–9.

Triyanto. (2020). Peluang dan Tantangan Pendidikan Karakter di Era Digital. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 17(2), 175–184. https://doi.org/10.21831/jc.v17i2.35476

Widya, U., Izazi, N. I., & Fudhla, A. (2022). Kesiapan Guru Profesional di Era Digital. SNITER: Seminar Nasional Terapan, 6, 1–7.