Studi Tentang Implementasi Model Inkuiri Terbimbing Dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa

Main Article Content

Khoirunisa Hardaningtyas

Abstract

Tujuan penulisan studi ini adalah untuk mengkaji tentang implemnetai model pembelajaran inkuiri terbimbing dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Metode yang digunakan dalam studi ini adalah studi literatur terhadap berbagai hasil penelitian sebelumnya yang berhubungan dengan implementasi model inkuiri terbimbing dan keterampilan berpikir kritis siswa. Hasil studi menunjukan bahwa penerapan model pemebelajaran inkuiri terbimbing dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Hardaningtyas, K. (2023). Studi Tentang Implementasi Model Inkuiri Terbimbing Dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Informatika Dan Teknologi Pendidikan, 3(2), 62–67. https://doi.org/10.25008/jitp.v3i2.70
Section
Articles

References

Falentina, A. R., Saptasari, M., & Indriwati, S. E. (2021). Keterampilan Berpikir Kritis melalui Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing di Kelas XI IPA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(10), 1397. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i10.14100

Indah, N., Dan, C., & Azizah, U. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI LAJU REAKSI KELAS XI SMA IMPLEMENTATION OF GUIDED INQUIRY LEARNING MODEL TO TRAIN CRITICAL THINKING SKILLS ON REACTION RATE TOPIC SUBJECT IN XI SMA CLASS. In UNESA Journal of Chemistry Education (Vol. 8, Issue 3). https://doi.org/10.26740/ujced.v8n3.p%25p

Kemendikbud. (2019). Hasil PISA Indonesia 2018: Akses Makin Meluas, Saatnya Tingkatkan Kualitas. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2019/12/hasil-pisa-indonesia-2018-akses-makin-meluas-saatnya-tingkatkan-kualitas

Mardiyanti, N. E. A., & Jatmiko, B. (2022). Keefektifan Pembelajaran Fisika dengan Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan PhET Interactive Simulations untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(2), 328. https://doi.org/10.20527/jipf.v6i2.5281

Maryam, M., Kusmiyati, K., Merta, I. W., & Artayasa, I. P. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pijar Mipa, 15(3), 206–213. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i3.1355

Mukmainah, S. A., & Yonata, D. B. (2020). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI LAJU REAKSI DI SMAN 1 RENGEL IMPLEMENTATION OF GUIDED INQUIRY LEARNING TO INCREASE STUDENT’S CRITICAL THINKING SKILL IN MATERIAL REACTION RATES AT SMAN 1 RENGEL. In UNESA Journal of Chemistry Education (Vol. 9, Issue 1).

Murni, S. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Journal of Classroom Action Research, 2(1), 57–62. https://doi.org/10.29303/jcar.v2i1.406

Parwati, G. A. P. U., Rapi, N. K., & Rachmawati. (2020). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN SIKAP ILMIAH SISWA SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, 10(1). https://doi.org/10.23887/jjpf.v10i1.26724

Putra, M. (2021). PENGARUH METODE PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DAN PEMECAHAN MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS. Jambura Economic Education Journal, 3(2), 72–84. https://doi.org/10.37479/jeej.v3i2.10391

Putri, O. D., Nevrita, N., & Hindrasti, N. E. K. (2019). PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 10(1), 14. https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v10i1.2004

Sarifah, F., & Nurita, T. (2023). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN KOLABORASI SISWA. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 11(1), 21–31. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa

Sulistiyono. (2020). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA SISWA MA RIYADHUS SOLIHIN. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, 10(2). https://doi.org/10.23887/jjpf.v10i2.27826

Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Putra, G. W., Iswara, B., Studi, P., Informasi, S., Bali, S., Raya, J., & No, P. (2019). Metode Systematic Literature Review untuk Identifikasi Platform dan Metode Pengembangan Sistem Informasi di Indonesia. In Indonesian Journal of Information Systems (IJIS (Vol. 1, Issue 2). https://doi.org/10.24002/ijis.v1i2.1916

Wartini, N. W. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis. Journal of Education Action Research, 5(1), 126–132. https://doi.org/10.23887/jear.v5i1.32255

Wayudi, M., Suwatno, S., & Santoso, B. (2020). Kajian Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 5(1), 67–82. https://doi.org/10.17509/jpm.v5i1.25853