http://jurnalitp.web.id/index.php/jitp/issue/feed Jurnal Informatika dan Teknologi Pendidikan 2024-05-17T07:40:11+00:00 Editor Jurnal Informatika dan Teknologi Pendidikan redaksi@jurnalitp.web.id Open Journal Systems <p><strong>Jurnal Informatika dan Teknologi Pendidikan</strong> (E-ISSN: <a href="https://issn.lipi.go.id/terbit/detail/20210509162203529" target="_blank" rel="noopener"><strong>2777-0680</strong></a>) is a scientific journal which publishes and disseminates the results of researches, deep studies, innovative thinking or work in information and communication technology (ICT) and educational technology. The focus of the journal is innovative works on the development of educational multimedia and e-learning which are effective in giving positive contributions to schools and educational institutions.</p> <p><strong>Jurnal Informatika dan Teknologi Pendidikan</strong> aims to be a peer-reviewed platform and an authoritative source of information. We publish original research papers, review articles and case studies focused on information and communication technology (ICT) and 5 areas of educational technology as well as related topics. All articles are double blind peer-reviewed by at least two peer-reviewers. The journal invites scientists and educators throughout the world to exchange and disseminate theoretical and practice-oriented the whole spectrum of educational technology.</p> <p>The author who will submit the manuscript after the deadline for submission as long as meet the requirement for publication in this journal will process for the next issue. The paper submission and reviewing procedures in Jurnal Informatika dan Teknologi Pendidikan will be processed with the web-based system via the Open Journal System (OJS) by Public Knowledge Project (PKP). We strongly prefer to receive manuscripts via our online submission system. With using our OJS system, authors can upload manuscript files (text, figures, and supplementary information) directly to our office and check on the status of Reviews their manuscripts during the review process.</p> http://jurnalitp.web.id/index.php/jitp/article/view/74 Evaluasi Usability Pada Simulasi Virtual Reality Perawatan Luka 2024-05-04T05:34:41+00:00 Aniek Nurul Khomariyah khomariyahnurulanik@gmail.com Yunifa Mifachul Arif yunif4@ti.uin-malang.ac.id Fresy Nugroho fresy@ti.uin-malang.ac.id Ahmad Fahmi Karami afkarami@uin-malang.ac.id <p>Kemajuan inovasi virtual reality (VR) telah menjadi pusat utama dalam simulasi medis, khususnya dalam persiapan perawatan luka. Artikel ini menguraikan kemajuan terbaru dalam penggunaan VR untuk mensimulasikan langkah-langkah pembungkus luka, dengan tujuan meningkatkan keterampilan klinis dan kualitas hidup pasien. VR menawarkan manfaat seperti pengalaman belajar yang lebih mendalam, aksesibilitas yang lebih baik, pelatihan mandiri dengan panduan simulator, dan kemampuan evaluasi kinerja. Penelitian ini juga menyoroti potensi VR untuk meningkatkan pengetahuan teoritis dalam pendidikan keperawatan. Diharapkan dengan menggunakan aplikasi VR ini, peserta pelatihan dapat meningkatkan pengetahuannya dan mengamankan lingkungan. Para peserta pelatihan mengapresiasi pengalaman VR mereka, sesuai dengan hasilnya, dan mereka bersedia menyarankan rekan-rekannya untuk memanfaatkan aplikasi VR ini. Dua puluh lima peserta memiliki nilai SUS 72,8 atau nilai C. Berdasarkan data demografi, peserta laki-laki hanya mendapat nilai C dengan nilai 71,2 sedangkan peserta perempuan mendapat nilai C dengan nilai 72,8. Namun, penelitian ini memiliki keterbatasan, seperti ukuran sampel yang kecil dan skenario pelatihan yang terbatas. Hasilnya, penelitian ini menyarankan penelitian lebih lanjut dalam jangka panjang untuk menggeneralisasi temuan tentang dampak penggunaan VR dalam pelatihan perawatan luka.</p> 2024-05-17T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Aniek Nurul Khomariyah, Yunifa Mifachul Arif, Fresy Nugroho, Ahmad Fahmi Karami http://jurnalitp.web.id/index.php/jitp/article/view/73 Pemanfaatan Aplikasi KABI untuk Pembelajaran Materi Kisah Nabi di TPA Masjid Al-Ikhlas Karangnongko, Klaten 2024-01-22T13:36:22+00:00 Unik Hanifah Salsabila unik.salsabil@pai.uad.ac.id Annisa Aulia annisa2000031245@webmail.uad.ac.id Indah Rosmiati indah2000031247@webmail.uad.ac.id <p>Minat belajar siswa dipengaruhi oleh proses pembelajaran yang menarik. Penggunaan teknologi dalam pembelajaran dapat menunjang motivasi belajar pada siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan penggunaan aplikasi KABI: Kisah Nabi dan Buku Islami pada siswa TPA Masjid Al-Ikhlas Karangnongko, Klaten. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini berbasis observasi lapangan, proses pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara , dan dokumentasi. Aplikasi KABI adalah salah satu media interaktif yang menyajikan audio visual yang menarik dengan animasi yang dapat menarik siswa untuk belajar. Penyampaian materi mengenai kisah nabi dan rasul di TPA Masjid Al-Ikhlas dapat dilakukan dengan mudah karena aplikasi ini dapat digunakan di <em>smartphone</em> sehingga siswa dapat menggunakannya dimana saja.</p> 2024-05-17T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Unik Hanifah Salsabila, Annisa Aulia, Indah Rosmiati