Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Web Responsive Bagi Mahasiswa Penyandang Disabilitas
Main Article Content
Abstract
Pandemi yang melanda di Indonesia menjadi salah satu pendorong semakin cepatnya perkembangan teknologi, khususnya dibidang teknologi informasi. Masa pandemi membatasi adanya interaksi antara orang dengan orang lain, sehingga komunikasi secara daring menjadi salah satu pilihan. Perkembangan komunikasi yang semakin cepat juga berpengaruh terhadap proses pembelajran di perguruan tinggi, yang melaksanakan kegiatan perkuliahan secara daring. Dalam perkembangannya banyak model pembelajaran yang diselenggarakan secara daring dan menjadi salah satu solusi bagi mahasiswa disabilitas yang tidak bisa mengikuti perkuliahan secara langsung, dengan menggunakan media pembelajaran dalam bentuk web. Menggunakan aplikasi web harapannya mahasiswa disabilitas mampu mengikuti perkuliahan dimanapun dan melalui perangkat apapun yang disajikan secara responsive. Menggunakan metode Extreme Programing dalam pembuatan web responsive menjadi pertimbangan khusus dimana akan memprsingkat waktu pengerjaan yang akan meliputi beberapa tahapan: tahap perencanaan dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi, tahap perancangan dibuat desain aplikasi menggunakan Use Case Diagram, tahap pengkodean menggunakan bahasa pemrograman php dan template bootstrap untuk membuat aplikasi dan tahap pengujian menggunakan Black Box Testing untuk menguji fungsi yang ada pada aplikasi tersebut.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Abdillah, M. T., Kurniastuti, I., Susanto, A., & Yudianto, F. (2023). Implementasi Black box Testing dan Usability Testing pada Website Sekolah MI Miftahul Ulum Warugunung Surabaya. Jurnal Ilmu Komputer Dan Desain Komunikasi Visual, 8(1), 234–242.
Andryadi, A. A. (2023). Analisis Tampilan WEB Responsive Studi Kasus : Situs Dicoding, Detik dan Rumah Zakat. Jurnal Wahana Informatika (JWI), 2(1), 147–153. www.rumahzakat.org
Danurahman, J., & Kusdarini, E. (2021). Dampak Pandemi Coronavirus Disease (Covid-19) dalam Perspektif Hukum di Era Digital. Masalah-Masalah Hukum, 50(2), 151–160.
Farhan Fadlu Rahman, M., Darussalam, K., Cahya Saphira, R., & Purwani, F. (2024). Implementasi Extreme Programming dalam Pengembangan Aplikasi Mobile Pengenalan Organisasi Padamasa Orientasi Mahasiswa. Just IT : Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informasi Dan Komputer, 14(2), 128–132.
Hasibuan, H. A., Pradana, F., & Rachmadi, A. (2020). Pengembangan Perangkat Lunak Pendampingan Mahasiswa Disabilitas (Studi Kasus : Pusat Studi Layanan Disabilitas Universitas Brawijaya). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 4(5), 1462–1471. http://j-ptiik.ub.ac.id
Jayadi, A. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Sistem Pembelajaran di Madrasah: Sebuah Meta Analisis. Jurnal Cahaya Mandalika, 2(3), 115–121. http://ojs.cahayamandalika.com/index.php/JCM
Julhadi, J., & Herdi, H. (2022). Penggunaan teknologi di era pandemi Covid-19: A systematic literatur review. TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 104–110. https://doi.org/10.26539/teraputik.611003
Nugroho, A., Riswandy, S. R., & Widiastiwi, Y. (2021). Teknologi dan Informasi Di Masa Pandemi COVID-19. Seminar Nasional Mahasiswa Ilmu Komputer Dan Aplikasinya (SENAMIKA) Jakarta-Indonesia, 214–220.
Prawiyogi, A. G., Sadiah, T. L., Purwanugraha, A., & Elisa, P. N. (2021). Penggunaan Media Big Book untuk Menumbuhkan Minat Membaca di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 446–452. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.787
Purba, N., Ekonomi, F., Bisnis, D., Uin, I., Utara, S., & Yahya, M. (2021). Revolusi Industri 4.0 : Peran Teknologi dalam Eksistensi Penguasaan Bisnis dan Implementasinya. Jurnal Perilaku Dan Strategi Bisnis, 9(2), 91–98.
Putra, M. Y. (2020). Responsive Web Design Menggunakan Boostrap Dalam Merancang Layout Web. Information System for Educators and Professionals, 5(1), 61–70.
Septiadi, M. A., Prawira, N. H., Aepudin, S., & Lestari, V. A. (2022). Dampak Covid-19 Terhadap Sistem Pendidikan. Khazanah Pendidikan Islam, 4(1), 37–50. https://doi.org/10.15575/kp.v4i1.17891
Septiani, N. A., & Habibie, F. Y. (2022). Penggunaan Metode Extreme Programming Pada Perancangan Sistem Informasi Pelayanan Publik. Jurnal Sistem Komputer Dan Informatika (JSON), 3(3), 341. https://doi.org/10.30865/json.v3i3.3931
Setiyani, L. (2021, September 25). Implementasi Cybersecurity pada Operasional Organisasi. Prosiding Seminar Nasional : Inovasi & Adopsi Teknologi 2021.
Sholikhan, M., Fajrie, N., & Purbasari, I. (2023). Pengembangan Website Ramah Disabilitas Sebagai Media Aktualisasi Diri Penerima Manfaat di Panti Pelayanan Sosial “Pendowo” Kabupaten Kudus. KESATRIA: Jurnal Penerapan Sistem Informasi (Komputer & Manajemen), 4(4), 1180–1187. www.pantipendowokudus.com.
Siahaan, M., Akuntansi, P., Ekonomi, F., Bhayangkara, U., Raya, J., Raya Perjuangan, J., Mulya, M., & Utara, B. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Jurnal Kajian Ilmiah (JKI), 1, 1–3. http://ejurnal.ubharajaya.ac.id/index.php/JKI
Taufan, M. A., Rusdianto, D. S., & Ananta, M. T. (2022). Pengembangan Sistem Otomatisasi Use Case Diagram berdasarkan Skenario Sistem menggunakan Metode POS Tagger Stanford NLP. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 6(8), 3733–3740. http://j-ptiik.ub.ac.id
Tundjung, & Noviyanti, R. (2021). Revolusi Industri dan Pengaruhnya pada Penelitian Sejarah. Alur Sejarah: Jurnal Pendidikan Sejarah, 4(2).