Pemilihan Media Pembelajaran Pendidikan Kejuruan Berbasis Artificial Intelligence (AI) Menggunakan Metode Preference Selection Index (PSI)
Main Article Content
Abstract
Dalam pendidikan kejuruan, pemilihan media pendidikan yang efisien sangat berarti buat tingkatkan kompetensi partisipan didik. Pendekatan dengan metode Preference Selection Index (PSI) merupakan pendekatan pengambilan keputusan multi- kriteria yang digunakan buat mengevaluasi serta memilah media pendidikan berbasis kecerdasan buatan (Ai). Riset ini bertujuan buat mengenali media pendidikan terbaik bersumber pada kriteria semacam interaktivitas, fleksibilitas, kecepatan akses, serta bayaran. Hasil riset menampilkan Hasil riset menampilkan kalau Platform Simulasi Virtual unggul dalam interaktivitas dan fleksibilitas, yang menjadi kriteria utama dalam pemilihan media pembelajaran untuk pendidikan kejuruan. Chatbot unggul pada kecepatan akses, sementara video pembelajaran lebih efisien dalam biaya, namun memiliki kelemahan pada interaktivitas. Kelebihan penggunaan metode PSI adalah transparansi dalam pengambilan keputusan, pelaksanaan PSI menciptakan pemilihan media yang sangat cocok dengan kebutuhan pembelajaran kejuruan, dengan bobot kriteria tertentu jadi aspek penentu utama.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Al Islami, H., & Rosyani, P. (2024). Penerapan Metode Preference Selection Index (PSI) Untuk Menentukan Maklon Skincare Terjangkau. KLIK: Kajian Ilmiah Informatika Dan Komputer, 4(4), 2139–2147.
Alimuddin, A., Juntak, J. N. S., Jusnita, R. A. E., Murniawaty, I., & Wono, H. Y. (2023). Teknologi dalam pendidikan: Membantu siswa beradaptasi dengan revolusi industri 4.0. Journal on Education, 5(4), 11777–11790.
Alvendri, D., Giatman, M., & Ernawati, E. (2023). Transformasi Pendidikan Kejuruan: Mengintegrasikan Teknologi IoT ke dalam Kurikulum Masa Depan. Journal of Education Research, 4(2), 752–758.
Arifudin, S. T., & Kom, M. (2019). Kesesuaian Kompetensi Keahlian Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (Smk) Dengan Kompetensi Kerja Dunia Usaha Dan Industri (Du/Di) Dalam Bidang Keahlian Teknik Komputer Jaringan (Tkj) Di Kabupaten Cirebon. Mestro, 1(01), 9–16.
Attri, R., & Grover, S. (2015). Application of preference selection index method for decision making over the design stage of production system life cycle. Journal of King Saud University-Engineering Sciences, 27(2), 207–216.
Cayeni, W., & Utari, A. S. (2019). Penggunaan Teknologi Dalam Pendidikan: Tantangan Guru Pada Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang.
Chang, K.-E., Zhang, J., Huang, Y.-S., Liu, T.-C., & Sung, Y.-T. (2020). Applying augmented reality in physical education on motor skills learning. Interactive Learning Environments, 28(6), 685–697.
Disas, E. P. (2018). Link and match sebagai kebijakan pendidikan kejuruan. Jurnal Penelitian Pendidikan, 18(2), 231–242.
Hwang, G., & Tsai, C. (2011). Research trends in mobile and ubiquitous learning: A review of publications in selected journals from 2001 to 2010. British Journal of Educational Technology, 42(4), E65–E70.
Kumar, R., & Ray, A. (2014). Selection of material for optimal design using multi-criteria decision making. Procedia Materials Science, 6, 590–596.
Lizar, Y., & Firrizqi, A. S. (2023). Penggunaan Metode Preference Selection Index (PSI) Untuk Penentuan Kondisi Laser Cutting. JOSTECH Journal of Science and Technology, 3(2), 177–186.
Maniya, K., & Bhatt, M. G. (2010). A selection of material using a novel type decision-making method: Preference selection index method. Materials & Design, 31(4), 1785–1789.
Mayer, R. E. (2009). Multimedia learning principles and applications. Yogyakarta: Student Library.
MEILIYANTHI, I. N. A., FIRDAUS, F., & PURNAMAWATI, P. (2022). Pentingnya Penerapan Pembelajaran Berbasis Web Pada Wawasan Pendidikan Kejuruan. EDUTECH: Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 2(2), 150–157.
Ouatik, F., & Ouatik, F. (2021). Learning management system comparison: new approach using multi-criteria decision making. International Conference on Business Intelligence, 239–248.
Parra, J. A. B., Escobar, Á. E. S., & Martínez, A. P. P. (2024). Artificial Intelligence in Education: Benefits, Challenges, and Ethical Considerations According to Scientific Evidence. Journal of International Crisis and Risk Communication Research, 48–65.
Pedro, F., Subosa, M., Rivas, A., & Valverde, P. (2019). Artificial intelligence in education: Challenges and opportunities for sustainable development.
Purba, M. A., & Yando, A. D. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pendidikan dan Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Sosial Dan Teknologi (SNISTEK), 3, 96–101.
Purnamawati, A., Winarto, M. N., & Saputri, D. U. E. (2023). Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Produk Terbaik Menggunakan Metode Preference Selection Index. CHAIN: Journal of Computer Technology, Computer Engineering, and Informatics, 1(2), 56–67.
Saefudin, E. A., & Sumardi, K. (2019). Learning media for vocational education. 5th UPI International Conference on Technical and Vocational Education and Training (ICTVET 2018), 165–167.
Saputra, D., Martias, M., & Meilinda, E. (2024). Pengembangan Sistem Pengaman Pintu Gudang Menggunakan Metode R&D Berbasis RFID Mikrokontroler Arduino Uno. Jurnal Informatika Dan Teknologi Pendidikan, 4(1), 18–31.
Schwab, K. (2017). The fourth industrial revolution. Crown Currency.
Woolf, B. P. (2010). Building intelligent interactive tutors: Student-centered strategies for revolutionizing e-learning. Morgan Kaufmann.
Zavadskas, E. K., & Turskis, Z. (2011). Multiple criteria decision making (MCDM) methods in economics: an overview. Technological and Economic Development of Economy, 17(2), 397–427.
Zawacki-Richter, O., Marín, V. I., Bond, M., & Gouverneur, F. (2019). Systematic review of research on artificial intelligence applications in higher education–where are the educators? International Journal of Educational Technology in Higher Education, 16(1), 1–27.