Penggunaan Media Software PowerPoint Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar
Main Article Content
Abstract
Kajian ini merupakan kajian penelitian dan pengembangan produksi media berupa media pembelajaran berbasis teknologi, khususnya media PowerPoint untuk Siswa. Penelitian ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan sekolah, meningkatkan minat, dan memproduksi media PowerPoint untuk siswa yang memenuhi syarat. Ada 3 langkah utama yang harus dilakukan dalam pengembangan media PowerPoint yaitu pertama, penelitian pendahuluan untuk mengetahui kebutuhan primer dan pentingnya media. Kedua, penyusunan draf produk dimulai dari tahap pembuatan desain PowerPoint, verifikasi materi dan verifikasi media. Ketiga adalah uji coba produk untuk Siswa.Hasil penelitian ini berupa media pembelajaran berbasis teknologi, khususnya PowerPoint yang berisi materi pendidikan, telah divalidasi dan dinyatakan layak oleh ahli media, ahli materi. Selain melihat seberapa dikenal para ahli, juga bergantung pada apakah media power point dapat menarik minat siswa untuk menggunakan teknologi dalam pembelajaran.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Afrilia, M., Puji Rahmawati, F., Ratnawati, W., Kunci, K., & Belajar, M. (2022). Penggunaan Media Power Point Untuk Menunjang Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SDN Nglorog 1 Sragen. Educatif : Journal of Education Research, 4(2), 1–7. http://pub.mykreatif.com/index.php/educatif
Hasan Baharudin. (n.d.). Pengembangan Media Pembelajaran PAI Berbasis Lingkungan. Cendekia, 231–246.
Hasan Muhammad. (2021). Makna Peran Media Dalam Komunikasi Dan Pembelajaran. Tahta Media Group.
Jauhar Fuad. (n.d.). Pemanfaatan Media Slide PowerPoint Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Tematik. Journal of Islamic Elementary Education, Vol.1.
Listyorini Sri. 2011. Perbedaan dan Pengaruh Penggunaan Media Power Point dan Media Animasi pada Pembelajaran Remidial Biologi terhadap Ketuntasan Belajar Siswa. Skripsi. Surakarta: UNS.
Maryatun. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Program Microsoft Powerpoint Terhadap Hasil Belajar Strategi Promosi Pemasaran Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Vol.3 No.1.
Mulyawan Dani. (n.d.). Teori Motivasi Dan Aplikasinya. P. Siagian, Sondang, Hal 33..
Mulyawan Dani 2013, Jurnal Pengaruh Penggunaan Microsof powerpoint, http://danimulyana.38.blogspot.com/2013/01/jurnal-pengaruh-penggunaanmicrosoft.html. Di akses 7 September 2020
Maknur Nabila. 2020. Pengaruh Penggunaan Media Powerpoint Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Al-Quran Dan Hadits Di SMA Pesantren Modern Datok Sulaiman. Skripsi. Porgram Studi Manajemen Pendidikan Islam pada Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Musfiqon, Metodologi Penelitian Pendidikan, (Jakarta: PT. Prestasi Pusta Publisher, 2012)
Purnomo, C. H. (2010). Presentasi Kreatif dengan Power Point. Jakarta: Gagas Media.
Purwanti Lusi, dkk. 2020. Analisis Penggunaan Media Power Point dalam Pembelajaran Jarak Jauh pada Materi Animalia Kelas VIII. Journal of Biology Education. Volume (3), Nomer (3), Halaman: 157-166. (https://journal.iainkudus.ac.id/inde
Purnomo, C. H. (2010). Presentasi Kreatif dengan Power Point. Jakarta: Gagas Media.
Purwanti Lusi, dkk. 2020. Analisis Penggunaan Media Power Point dalam Pembelajaran Jarak Jauh pada Materi Animalia Kelas VIII. Journal of Biology Education. Volume (3), Nomer (3), Halaman: 157-166. (https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/jbe, Diakses tanggal 30 Juni 2022).
Rohendi Tatang. 2016. Pengaruh Penggunaan Media Power Point dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan & Pembelajaran. Volume (3), Nomer (1), Halaman: 32-41. (file:///C:/Users/Lenovo/Downloads/7708-18505-1-SM.pdf, Diakses tanggal 29 Juni 2022).
Saida, L. N., Wijoyo, S. H., & Wicaksono, S. A. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Powerpoint untuk Meningkatkan Motivasi Belajar , Kebiasaan Belajar , dan Hasil Belajar Siswa di SMK Negeri 3 Malang. Jurnal Pengembangan Teknologi IIformasi Dan Ilmu Komputer, 3(9), 8695–8705.
Sudjana. (2011). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo
Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar mengajar. Rajawali Pers
Srimaya. (2017). Efektivitas Media Pembelajaran Power Point Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Biologi Siswa. Jurnal Biotek Volume 5 Nomor 1 Juni 2017, 5(1), 53–68.
Ya’cub, M. (2018). Media Pendidikan Perspektif Al Quran Hadits Dan Pengembangannya. CENDEKIA : Jurnal Studi Keislaman, 4(2). https://doi.org/10.37348/cendekia.v4i2.60