Implementasi Computational Thinking Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Mapel Bahasa Indonesia Kelas III SD Negeri Demangan

Main Article Content

Nuni Afnyya
Christiyanti Aprinastuti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan penerapan metode berfikir computational thinking pada Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Ide Pokok Siswa Kelas III b SD Negeri Demangan Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) merupakan bentuk penelitian tindakan yang diterapkan dalam aktivitas pembelajaran di kelas. Populasinya adalah seluruh siswa/i di kelas III A SD Negeri Demangan Yogyakarta. Analisis data dilakukan dengan analisis varian, hasil temuan ini menunjukkan: 1). Hasil belajar siswa kelas III b pelajaran bahasa indonesia materi jenis paragraf sebelum menggunakan metode berfikir computational thinking belum terbukti memuaskan 2). Penerapan metode berfikir computational thinking berjalan sesuai dengan yang diharapkan yakni sejalan dengan rancangan penelitian yang telah dirancang dan direspon dengan baik oleh siswa kelas III b, 3). Penerapan metode berfikir computational thinking sangat tepat untuk digunakan karena hasil belajar yang diperoleh meningkat.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Afnyya, N., & Aprinastuti, C. (2023). Implementasi Computational Thinking Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Mapel Bahasa Indonesia Kelas III SD Negeri Demangan. Jurnal Informatika Dan Teknologi Pendidikan, 3(1), 40–45. https://doi.org/10.25008/jitp.v3i1.63
Section
Articles

References

Ali, M. (2002). Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo. 4

Andini, Lina; Nuryono, Wiryo. (2016). Pengembangan Buku Panduan Kemampuan Problem Solving untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal BK UNESA vol. 6 no. 1 pp. 1- 9

Jamil, H. M. (2017). Automated Personalized Assessment of Computational Thinking MOOC Assignments. Proceedings - IEEE 17th International Conference on Advanced Learning Technologies, ICALT 2017, 261. https://doi.org/10.1109/ICALT.2017.147

Maharani, S., Kholid, M. N., NicoPradana, L., & Nusantara, T. (2019). Problem Solving in the Context of Journal of Mathematics Education, 8(2), 109–116.

Marieska, M. D., Rini, D. P., Oktadini, N. R., Yusliani, N., & Yunita. (2019). Sosialisasi dan Pelatihan Computational Thinking untuk Guru TK, SD, dan SMP di Sekolah Alam Indonesia (SAI) Palembang. Prosiding Annual Research Seminar 2019 : Computer Science and ICT, 5(2), 7

Strategi Pembelajaran : Teori dan Aplikasi. Yogyakarta:Ar-ruzz Media.

Karwati, et al. (2014). Manajemen KelasClassroom Management. Bandung: Alfabeta

Suprihatiningrum, J. (2013) Strategi Pembelajaran : Teori dan Aplikasi. Yogyakarta:Ar-ruzz Media.

Wiyani. N.A. (2013). Manajemen Kelas. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Suprijono, Agus. (2009) Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Suprijono, A. (2012). Cooperative Learning, Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 6