Studi Tentang Implementasi Model Kooperatif Tipe STAD Pada Materi Geometri Bidang Datar
Main Article Content
Abstract
Tulisan ini bertujuan untuk mengkaji tentang implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Students Teams Achievement Division (STAD) pada materi geometri bidang datar. Studi ini dilakukan dengan menggunakan studi literature terhadap berbagai hasil penelitian dan buku-buku yang berhubungan dengan pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dan pengajaran matematika pada topik geometri bidang datar. Hasil studi menunjukan bahwa pembelajaran pada materi geometri bidang datar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Selain itu, pembelajaran dengan model kooperatif tipe STAD pada materi geometri bidang datar meningkatkan kreativitas guru dan siswa dalam mempelajari materi geometri bidang.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Agus Suprijono. 2009. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Cut E. Nasryah dan Arief Aulia (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Pada Materi Bangun Datar Segi Empat Di Kelas 5 Sd Negeri Inpres115495 Sisumut Kota Pinang. Jurnal Bina Gogik, Volume 3 No. 1, Maret 2016. Sumber : https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/pgsd/article/view/24/23 diakses : 22 Juli 2020.
Depdiknas. (2008). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Dikmenun. Depdiknas.
Dewi (2015). Tipe-Tipe Pembelajaran Kooperatif dan Teknik Aplikasinya. 19 Januari 2015. Sumber : http://dewimukti21.blogspot.com/2015/01/tipe-tipe-pembelajaran-kooperatif-dan.html
Isjoni (2009). “Cooperative Learning”. Bandung : Alfabeta
Eliana. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division. Jurnal Pena Edukasi. Vol. V, No. 1, Jan 2018, hlm. 52 – 62. Sumber : http://jurnal.goretanpena.com/index.php/JPE/article/viewFile/127/88 diakses : 22 Juli 2020.
Ely, Fatmawati. dkk. (2015). Penerapan Model Pembelajarn Kooperatif Tipe Stad Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Luas Permukaan Sisi Datar Bangun Ruang. Delta-Pi:Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. Vol.4, No.1, April 2015. ISSN 2089-855X
Kichenham, B. (2004). Procedures for Performing systematic reviews. Keele, UK. Keele Unversity. 33(2004). 1 - 26
Maidiyah. 1998. Pembelajaran Kooperatif Pada Topik Pecahan di SD (Dalam Upaya-upaya Meningkatkan Peran Pendidikan Matematika Dalam Menghadapi Era Globalisasi: Perspektif Pembelajaran Alternaif Kompetitif) Laporan Seminar Nasional Pendidikan Matematika 4 April 1998. Malang: Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang.
Mursalin (2016). Pembelajaran Geometri Bidang Datar di Sekolah Dasar Berorientasi Teori Belajar Piaget. Jurnal Dikma Vol. 4 No. 2, Oktober 2016.
Nida Jarmita (2012). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Dalam Meningkatkan Pemahaman Matematis Siswa Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA Agustus 2012. VOL. XIII NO. 1, 150-172
Slavin, Robert E. (1995). Cooperative Learning Theory, Research, and Practice Massachusett., USA : Allimand & Bacon.
…………………. (2009). Cooperative Learning (Teori, Riset, Praktik). Bandung : Nusa Media
………………… (2010). Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.
Soebinto dan Purwanto (2012). Penerapan Model Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Luas Bangun Datar Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V Sdn Bulak Rukem I/258 Surabaya. JPGSD. Vol 1. No. (1). Sumber : https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian pgsd/article/view/1062
Sumaryata, dkk (2019). Pemetaan Hasil Ujian Nasional Matematika. http://p4tkmatematika.kemdikbud.go.id/journals/index.php/idealmathedu/p-ISSN 2407-8530 | e-ISSN 2502-602X