Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi By.U Menggunakan Metode EUCS dan IPA

Main Article Content

Mutiara Puteri Utami
Rangga Gelar Guntara
Btari Mariska Purwaamijaya

Abstract

By.U merupakan produk seluler prabayar digital end-to-end (proses dari awal sampai akhir) pertama di indonesia untuk seluruh kebutuhan telekomunikasi yang dikembangkan khusus untuk segmen gen Z di Indonesia. Seiring dengan terus meningkatnya layanan yang diberikan. By.U juga terus mengalami peningkatan pengguna setiap tahunnya. Dalam 3 bulan terakhir Aplikasi By.U mendapatkan ulasan negatif, kemudian setelah dilakukan survei pendahuluan ada kendala pada aplikasi By.U antara lain aplikasi yang sering mengalami keluar paksa, sinyal yang buruk, dan UX writer yang kurang bisa dipahami. Oleh karena itu, tujuan dilakukannya penelitian ini untuk menganalisis tingkat kepuasan pengguna berdasarkan kinerja dan harapan pengguna pada aplikasi By.U menggunakan metode EUCS (End User Computing Satisfaction) dan IPA (Importance Performance Analys). Penelitian ini menguji 7 variabel EUCS yaitu content, accuracy, format, timeliness, ease of use, speed of response, dan security. Hasil analisis menunjukkan tingkat kesesuaian aplikasi By.U masih <100% sehingga belum mencapai harapan pengguna, pada analisis kuadran IPA terdapat prioritas utama perbaikan pada item F2 (Kemudahan Format), dan pada analisis gap nilai skor yang dihasilkan secara keseluruhan masih negatif sehingga masih belum memenuhi harapan pengguna. Dari hasil analisis tersebut disimpulkan bahwa aplikasi By.U masih belum mencapai kepuasan pengguna dan perlu peningkatan kualitas produk dan layanan.  

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Utami, M. P., Guntara, R. G., & Purwaamijaya, B. M. (2024). Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi By.U Menggunakan Metode EUCS dan IPA. Jurnal Informatika Dan Teknologi Pendidikan, 4(2), 47–59. Retrieved from https://jurnalitp.web.id/index.php/jitp/article/view/89
Section
Articles

References

Butler, J. H. (1983). The impact of response time on user performance and productivity.". Proceedings of the Human Factors Society Annual Meeting, 27(1), 26-30.

by.U. (2024, Februari 18). Kenalan dengan by.U: Kartu Provider Internet Terbaik. Retrieved from by.U: https://www.byu.id/v2/blog/detail/kartu-provider-internet-terbaik

by.U. (n.d.). by.U itu apa sih dan apa arti nama by.U itu apa? Retrieved from by.U: https://www.byu.id/id/faq-detail/apa-itu-by.U

Chin, W. W., & Lee, M. K. (2000). A PROPOSED MODEL AND MEASUREMENT FOR THE FORMATION OF IS SATISFACTION: THE CASE OF END-USER COMPUTING SATISFACTION. ICIS '00: Proceedings of the twenty first international conference on Information systems (pp. 553-563). United States: Association for Information Systems.

Doll, W. J., & Torkzadeh, G. (1988). The Measurement of End-User Computing Satisfaction. JSTOR, 12, pp. 259-274. doi:https://doi.org/10.2307/248851

Farisi, M. N., & Zuraidah, E. (2022, Juli). Analisa Kualitas Aplikasi PerformanceSimanis dengan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS). Journal of Informatics Management and Information Technology, 2, 109-121. doi:10.47065/jimat.v2i3.169

Gilbert A. Churchill, J. a. (1982). An Investigation into the Determinants of Customer Satisfaction. Journal of Marketing Research, 491-504. doi:https://doi.org/10.2307/3151722

Guntara, R. G. (2022). Aplikasi Pengenalan Citra Wajah di KTP Menggunakan Google Cloud Vision API dan Kairos API Berbasis Android. Jurnal Of Computer Science and Applied Informatics, 4 (2), 198-205. doi:https://doi.org/10.28926/ilkomnika.v4i2.504

Hidayah, N. A., Fetrina, E., & Taufan, A. Z. (2020). Model Satisfaction Users Measurement of Academic Information System Using End-User Computing Satisfaction (EUCS) Method. Applied Information Systems and Management (AISM), 3, 119-123. Retrieved from https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/102226766/pdf-libre.pdf?1684123981=&response-content-disposition=inline%3B+filename%3DModel_Satisfaction_Users_Measurement_of.pdf&Expires=1711318886&Signature=RvjC3yWBtojnLG0Nhxcnv5ATIfg9eWgxWrM-5Bx~aJrT5loWiw44n~tIYs

Megawaty, & Ariningsih, L. (2022). Pengukuran Kepuasan Pengguna GRAB di Palembang Menggunakan Metode End-UserComputing Satisfaction (EUCS). Jurnal Bumigora Information Technology (BITe).

Nielsen, J. (1993). Usability Engineering. San Fransisco: Morgan Kaufmann.

Parasuraman, A. P., Zeithaml, V. A., & Berry, L. L. (1988). SERVQUAL A Multiple-item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality. Journal of Retailing, 64(1), 12-40.

Qholisa, S. N., & Nudin, S. R. (2023). Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi JConnect Mobile Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS) dan Importance Performance Analysis (IPA). JEISBI 77Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi JConnect Mobile Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS) dan Importance Performance Analysis (IPA)Siti Nur Qholisa1, Salamun Rohman Nudin21,2Sistem Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Neger.

Ramadhan, H. A., Purwaamijaya, B. M., & Guntara, R. G. (2023). Pengaruh User Experience terhadap Customer Satisfaction pada Aplikasi Seluler Streaming Vidio. JTIM : Jurnal Teknologi Informasi dan, 122-133. doi:https://doi.org/10.35746/jtim.v5i2.367

Roflin, E., Liberty, I. A., & Pariyana. (2021). POPULASI, SAMPEL, VARIABEL DALAM PENELITIAN KEDOKTERAN. Penerbit NEM.

Rubin, J., Chisnell, D., & Spool, J. (2008). Handbook of Usability Testing: How to Plan, Design, and Conduct Effective Tests, 2nd Edition. WILEY. Retrieved from www.wiley.com/go/usabilitytesting

Sulistyawati, W., Wahyudi, & Trinuryono, S. (2022). ANALISIS (DESKRIPTIF KUANTITATIF) MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MODEL BLENDED LEARNING DI MASA PANDEMI COVID19. KadikmA (Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika), 68-73. doi:https://doi.org/10.19184/kdma.v13i1.31327

Tojib, D. R., Sugianto, L.-F., & Sendjaya, S. (2008). User satisfaction with business-to-employee portals: conceptualization and scale development. European Journal of Information Systems, 649–667. doi::10.1057/ejis.2008.55

Yazid, M. A., Wijoyo, S. H., & Rokhmawati, R. I. (2019). Evaluasi Kualitas Aplikasi Ruangguru Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode EUCS (End-User Computing Satisfaction) dan IPA (Importance Performance Analysis). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 2.