Penggunaan Media Augmented Reality dalam Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep
Main Article Content
Abstract
Pembelajaran IPA diberikan pada setiap jenjang Pendidikan baik SD, SMP, maupun SMA. Produk IPA dapat berupa konsep, teori, fakta, atau pun hukum. Peserta didik akan mempelajari banyak konsep yang berkaitan dengan IPA. Namun pada praktiknya peserta didik sering kali mengalami kesulitan untuk memahami konsep IPA dikarenakan banyak konsep IPA yang bersifat abstrak seperti kalor, sistem peredaran darah, struktur atom, fotosintesis dan banyak lagi. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaimana media pembelajaran Augmented Reality (AR) dapat meningkatkan pemahaman konsep peserta didik terhadap materi IPA. Metode penelitian yang digunakan yaitu studi literatur terhadap beberapa artikel terkait pengguanaan media AR terhadap peningkatan pemahaman konsep peserta diidk. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa media pembelajaran AR dapat membantu peserta didik memahami konsep – konsep IPA karena dapat menggabungkan dunia maya dengan dunia nyata dan menghadirkan objek yang tidak dapat dilihat secara kasat mata. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan 1) media augmented reality merupakan salah satu bentuk revolusi teknologi di era society 5.0, 2) media augmented reality dapat memvisualisasikan objek yang tidak dapat dilihat secara kasat mata, dan 3) media augmented reality dapat meningkatkan pemahaman konsep peserta didik karena dapat memvisualisasikan konsep – konsep IPA yang bersifat abstrak.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Acesta, A., & Nurmaylany, M. (2018). Pengaruh penggunaan media augmented reality terhadap hasil belajar peserta didik. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 4(2), 346-352.
Agustin, A., & Wardhani, H. A. K. (2023). Pengaruh Media Augmented Reality (Ar) Berbantuan Assemblr Edu Terhadap Hasil Belajar Peserta didik Smp It Robbani Sintang. Edumedia: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 7(2), 7-13.
Aryani, P. R., Akhlis, I., & Subali, B. (2019). Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbentuk augmented reality pada peserta didik untuk meningkatkan minat dan pemahaman konsep IPA. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 8(2), 90-101.
Astuti, Irnin Agustina Dwi & Dasmo. (2016). Upaya meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman konsep IPA peserta didik dengan model pembelajaran problem posing. JRKPF UAD Vol.3 No.2 Oktober 2016, hal 41.
Danti, D. R., Cahyono, B. E. H., & Tryanasari, D. (2023). Pengaruh Media Augmented Reality Pada Mata Pelajaran IPAS Terhadap Hasil Belajar Peserta didik. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 4, 864-871.
Djati, W. R., Widiyatmoko, A., & Pamelasari, S. D. (2022, August). Penerapan Media Augmented Reality Pada Pembelajaran Ipa Untuk Melatih Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta didik. In Proceeding Seminar Nasional IPA (pp. 167-172)
Evitasari, A. D., & Aulia, M. S. (2022). Media Diorama dan Keaktifan Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 3(1), 1-9.
Fakhrudin, A., & Kuswidyanarko, A. (2020). Pengembangan media pembelajaran IPA sekolah dasar berbasis augmented reality sebagai upaya mengoptimalkan hasil belajar peserta didik. Jurnal Muara Pendidikan, 5(2), 771-776.
Iskandar, S.M. 1996. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti.
Kishino, P. M. and F. (2017). Markerless Augmented Reality Pada Perangkat Android. E-Journal Teknik Informatika
Masruroh, H., Hadi, W. P., Ahied, M., Tamam, B., & Sutarja, M. C. (2023). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Terhadap Pemahaman Konsep Peserta didik. Natural Science Education Research (NSER), 6(3), 56-63.
Maulana, I., Suryani, N., & Asrowi, A. (2019). Augmented reality: solusi pembelajaran ipa di era revolusi industri 4.0. Proceedings of the ICECRS, 2(1), 19-26.
Munadi, Yudhi. (2012). Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press
Mustaqim, I. (2016). Pemanfaatan Augmented Reality sebagai media pembelajaran. Jurnal pendidikan teknologi dan kejuruan, 13(2), 174-183.
Nahdi, D. S., Yonanda, D. A., & Agustin, N. F. (2018). Upaya meningkatkan pemahaman konsep peserta didik melalui penerapan metode demonstrasi pada mata pelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2), 9-16
Naja, F. N., Khoiri, A., & Mulyani, P. S. (2022). Studi Kelayakan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Portal Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Pemahaman Konsep Peserta didik. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 9(3), 279-286.
Ningrum, K. D., Utomo, E., Marini, A., & Setiawan, B. (2022). Media komik elektronik terintegrasi augmented reality dalam pembelajaran sistem peredaran darah manusia di sekolah dasar. Jurnal Basicedu Vol, 6(1).
Saefurohman, A. (2018). Konsep Dasar IPA dan Pembelajarannya.
Sari, I. P., Dewi, M., Anggraini, R., & Mahmudah, S. S. (2023). Studi Literatur: Efektivitas Media Pembelajaran Augmented Reality Berbasis Android pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. IJM: Indonesian Journal of Multidisciplinary, 1(5), 1731-1740.
Setyawan, B., & Fatirul, A. N. (2019). Augmented reality dalam pembelajaran IPA bagi peserta didik SD. Kwangsan, 7(1), 286912.
Sugiarto, A. (2021). Penggunaan Media Augmented Reality Assemblr Edu Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peredaran Darah. Madaris: Jurnal Guru Inovatif, 1(2), 1-13.
Triwahyuni, E. (2017). Pengaruh Pemahaman Konsep IPA Melalui Pendekatan Discovery Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Peserta didik Kelas V SDN Wringinagung 1 Kecamatan Jombang Kabupaten Jember. Jurnal INOVASI, Volume XIX, Nomor 1, hal 2.