https://jurnalitp.web.id/index.php/jitp/issue/feedJurnal Informatika dan Teknologi Pendidikan2024-06-12T07:03:02+00:00Editor Jurnal Informatika dan Teknologi Pendidikanredaksi@jurnalitp.web.idOpen Journal Systems<p><strong>Jurnal Informatika dan Teknologi Pendidikan</strong> (E-ISSN: <a href="https://issn.lipi.go.id/terbit/detail/20210509162203529" target="_blank" rel="noopener"><strong>2777-0680</strong></a>) is a scientific journal which publishes and disseminates the results of researches, deep studies, innovative thinking or work in information and communication technology (ICT) and educational technology. The focus of the journal is innovative works on the development of educational multimedia and e-learning which are effective in giving positive contributions to schools and educational institutions.</p> <p><strong>Jurnal Informatika dan Teknologi Pendidikan</strong> aims to be a peer-reviewed platform and an authoritative source of information. We publish original research papers, review articles and case studies focused on information and communication technology (ICT) and 5 areas of educational technology as well as related topics. All articles are double blind peer-reviewed by at least two peer-reviewers. The journal invites scientists and educators throughout the world to exchange and disseminate theoretical and practice-oriented the whole spectrum of educational technology.</p> <p>The author who will submit the manuscript after the deadline for submission as long as meet the requirement for publication in this journal will process for the next issue. The paper submission and reviewing procedures in Jurnal Informatika dan Teknologi Pendidikan will be processed with the web-based system via the Open Journal System (OJS) by Public Knowledge Project (PKP). We strongly prefer to receive manuscripts via our online submission system. With using our OJS system, authors can upload manuscript files (text, figures, and supplementary information) directly to our office and check on the status of Reviews their manuscripts during the review process.</p>https://jurnalitp.web.id/index.php/jitp/article/view/74Evaluasi Usability Pada Simulasi Virtual Reality Perawatan Luka2024-05-04T05:34:41+00:00Aniek Nurul Khomariyahkhomariyahnurulanik@gmail.comYunifa Mifachul Arifyunif4@ti.uin-malang.ac.idFresy Nugrohofresy@ti.uin-malang.ac.idAhmad Fahmi Karamiafkarami@uin-malang.ac.id<p>Kemajuan inovasi virtual reality (VR) telah menjadi pusat utama dalam simulasi medis, khususnya dalam persiapan perawatan luka. Artikel ini menguraikan kemajuan terbaru dalam penggunaan VR untuk mensimulasikan langkah-langkah pembungkus luka, dengan tujuan meningkatkan keterampilan klinis dan kualitas hidup pasien. VR menawarkan manfaat seperti pengalaman belajar yang lebih mendalam, aksesibilitas yang lebih baik, pelatihan mandiri dengan panduan simulator, dan kemampuan evaluasi kinerja. Penelitian ini juga menyoroti potensi VR untuk meningkatkan pengetahuan teoritis dalam pendidikan keperawatan. Diharapkan dengan menggunakan aplikasi VR ini, peserta pelatihan dapat meningkatkan pengetahuannya dan mengamankan lingkungan. Para peserta pelatihan mengapresiasi pengalaman VR mereka, sesuai dengan hasilnya, dan mereka bersedia menyarankan rekan-rekannya untuk memanfaatkan aplikasi VR ini. Dua puluh lima peserta memiliki nilai SUS 72,8 atau nilai C. Berdasarkan data demografi, peserta laki-laki hanya mendapat nilai C dengan nilai 71,2 sedangkan peserta perempuan mendapat nilai C dengan nilai 72,8. Namun, penelitian ini memiliki keterbatasan, seperti ukuran sampel yang kecil dan skenario pelatihan yang terbatas. Hasilnya, penelitian ini menyarankan penelitian lebih lanjut dalam jangka panjang untuk menggeneralisasi temuan tentang dampak penggunaan VR dalam pelatihan perawatan luka.</p>2024-05-17T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Aniek Nurul Khomariyah, Yunifa Mifachul Arif, Fresy Nugroho, Ahmad Fahmi Karamihttps://jurnalitp.web.id/index.php/jitp/article/view/73Pemanfaatan Aplikasi KABI untuk Pembelajaran Materi Kisah Nabi di TPA Masjid Al-Ikhlas Karangnongko, Klaten2024-01-22T13:36:22+00:00Unik Hanifah Salsabilaunik.salsabil@pai.uad.ac.idAnnisa Auliaannisa2000031245@webmail.uad.ac.idIndah Rosmiatiindah2000031247@webmail.uad.ac.id<p>Minat belajar siswa dipengaruhi oleh proses pembelajaran yang menarik. Penggunaan teknologi dalam pembelajaran dapat menunjang motivasi belajar pada siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan penggunaan aplikasi KABI: Kisah Nabi dan Buku Islami pada siswa TPA Masjid Al-Ikhlas Karangnongko, Klaten. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini berbasis observasi lapangan, proses pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara , dan dokumentasi. Aplikasi KABI adalah salah satu media interaktif yang menyajikan audio visual yang menarik dengan animasi yang dapat menarik siswa untuk belajar. Penyampaian materi mengenai kisah nabi dan rasul di TPA Masjid Al-Ikhlas dapat dilakukan dengan mudah karena aplikasi ini dapat digunakan di <em>smartphone</em> sehingga siswa dapat menggunakannya dimana saja.</p>2024-05-17T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Unik Hanifah Salsabila, Annisa Aulia, Indah Rosmiatihttps://jurnalitp.web.id/index.php/jitp/article/view/75Pengembangan Sistem Pengaman Pintu Gudang Menggunakan Metode R&D Berbasis RFID Mikrokontroler Arduino Uno2024-05-12T18:54:27+00:00Dedi Saputradedi.dst@bsi.ac.idMartias Martiasmartias.mts@bsi.ac.idEva Meilindaeva.emd@bsi.ac.id<p>Penelitian ini menjelaskan rancangan sistem kendali pintu gudang menggunakan RFID berbasis Arduino Uno. Prinsip dasar dari sistem ini, dimana alat ini memiliki input berupa RFID, proses terdapat pada mikrokontroler arduino uno, sedangkan output terdapat pada relay, LCD, dan solenoid door lock. Pemindaian masukan kartu ke RFID RC-522, jika akses diterima akan dilanjutkan pengiriman data ke mikrokontroler Arduino Uno. Bagian output, arduino uno memberi pesan ke relay untuk membuka solenoid sehingga kunci pintu terbuka dan LCD akan menampilkan informasi “Akses Diterima Silahkan Masuk”. Pengujian alat dilakukan dengan cara memindai kartu ke RFID reader, kemudian RFID reader akan membaca kartu ID RFID dan selanjutnya mikrokontroler akan mengolah datanya. Berikutnya dilakukan proses validasi kartu ID RFID yang berhasil dibaca, prosesnya dengan membandingkan data Kartu ID RFID yang dipindai terhadap data kartu ID RFID yang terprogram pada mikrokontroler. Jika hasil identifikasi datanya benar, proses akan dilanjutkan dengan mengaktifkan driver relay untuk membuka kunci pintu. Sebaliknya jika data dibaca tidak benar, maka LCD akan menampilkan output berupa informasi “Akses Ditolak” dan akan diteruskan untuk pemindaian ulang RFID. Diharapkan sistem ini selain untuk mengamankan Gudang juga dapat mempermudah pengguna untuk membuka pintu gudang hanya dengan menempelkan kartu pada RFID tanpa harus membawa kunci.</p>2024-06-07T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Dedi Saputra, Martias Martias, Eva Meilindahttps://jurnalitp.web.id/index.php/jitp/article/view/79Perancangan Deteksi Wajah pada Aplikasi Berbasis React Native Menggunakan Metode Haar Cascade2024-05-20T17:04:53+00:00Ahmad Fadhlur Rohman Rohman4hmad.fadhlur@gmail.comHenny Dwi Bhaktihennydwi@umg.ac.id<p>Peningkatan keamanan aplikasi digital di era sekarang penting dilakukan, karena ancaman kejahatan siber yang semakin meningkat. Sistem keamanan yang tepat, seperti sistem autentikasi, dapat mencegah terjadinya kejahatan siber pada suatu aplikasi. Bangbeli sebagai salah satu <em>startup</em> yang bergerak di aplikasi pembayaran digital, penting untuk meningkatkan sistem kemananan pada aplikasinya. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sistem deteksi wajah dan halaman verifikasi wajah untuk aplikasi Bangbeli yang berbasis <em>framework</em> React Native. Metode yang digunakan dalam mengimplementasikan sistem deteksi wajah adalah metode Haar Cascade dan menggunakan <em>library</em> OpenCV. Metode Haar Cascade memiliki kemampuan mendeteksi suatu objek dengan cepat, seperti objek berupa wajah. OpenCV merupakan <em>library</em> sumber terbuka yang banyak digunakan untuk pengolahan citra digital, serta dapat diimplementasikan ke berbagai macam bahasa pemrograman. Hasil pada penelitian ini, didapatkan halaman verifikasi berhasil dibuat dan sistem deteksi wajah dapat berjalan dengan menggunakan metode Haar Cascade yang dikembangkan pada aplikasi android berbasis <em>framework </em>React Native.</p>2024-07-16T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Ahmad Fadhlur Rohman Rohman, Henny Dwi Bhaktihttps://jurnalitp.web.id/index.php/jitp/article/view/88Peran Operator Sekolah Dalam Pengelolaan Sistem Data Pokok Pendidikan (DAPODIK) Di SMPN 01 Buntulia2024-06-12T07:03:02+00:00Riyanti Ismailriyantiismail@unipo.ac.idSabriana Oktavia Gintulangisabrianna05@gmail.comGusfin Maulidyawanti Moontigusfinmaulidya@gmail.com<p>Sistem Informasi Data Pokok Pendidikan merupakan system informasi pengelolaan data pendidikan yang digunakan oleh operator sekolah. Seorang operator sekolah bertugas menangani sistem Data Pokok Pendidikan tersebut untuk bisa mencapai tujuan dan digunakan sesuai dengan fungsinya. penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana Peran oerator sekolah dalam pengelolaan Sistem Data Pokok Pendidikan di SMPN 01 Buntulia. jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa pemanfaatan system data pokok sesuai dengan tujuan pendataan berskala nasional yang meliputi: penginputan data pokok, pengelolaan administrasi Bantuan Operasional Sekolah (BOS), pengajuan tunjangan sertifikasi pendidik, dan mengurus prioritas Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik.</p>2024-07-16T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Riyanti Ismail, Sabriana Oktavia Gintulangi, Gusfin Maulidyawanti Moonti