Penggunaan Media Flashcard Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Mi Klesman

Main Article Content

Khofifah Indah Parawansa
Sri Haryanto
Pamungkas Stiya Mulyani

Abstract

Membaca adalah kemampuan yang wajib dimiliki setiap dan diharapkan siswa pandai membaca sehingga kegiatan pembelajaran berjalan dengan baik. Membaca pada dasarnya suatu yang rumit yang melibatkan banyak hal, karena bukan sekedar membaca saja, tetapi juga berfikir dan melibarkan aktifitas pengenalan kata, pemahaman literal, membaca kritis dan pemahaman kreatif. Menurut Crewly dan Mounain menyatakan bahwa pengenalan kata bisa berupa aktifitas membaca kata- kata dengan kamus, hal ini berarti membaca merupakan proses berfikir untuk memahami isi yang terdapat dalam teks bacaan. Pada dasarnya, pentingnya kemampuan membaca harus mendapatkan perhatian khusus dan pembelajaran dalam Pendididkan Bahasa Indonesia. Berdasarkan pengamatan pendidik, pembelajaran membaca di MI Klesman cenderung masih fokus terhadap buku bacaannya, tetapi kurang memperhatikan kecepatan kemampuan membaca anak dalam membaca maupun mengenal tulisan bukunya. Sehingga diperlukannya Teknik atau cara yang efektif dan semangat untuk memancing anak supaya lebih tertarik dalam belajar membacanya. Salah satunya yaitu menggunakan media Flashcard, dimana media ini memiliki kartu yang bergambar tulisan yang bisa digunakan sebagai permainan sehingga memungkinkan anak tertarik dan tidak merasa jenuh.dengan menggunakan media ini sangat memberikan dampak positif bagi siswa, dikarenakan dari hasil uji test terbukti hasil belajarnya sebesar 11,84 dengan tarif signifikasi sebesar 5%.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Parawansa, K. I., Haryanto, S., & Mulyani, P. S. (2022). Penggunaan Media Flashcard Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Mi Klesman. Jurnal Informatika Dan Teknologi Pendidikan, 2(2), 72–78. https://doi.org/10.25008/jitp.v2i2.18
Section
Articles

References

Abdullah, Shodiq. Evaluasi pmbelajaran Arifi, Zainal. 2014. Penelitian pendidikan Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran, Jakarta: PT Rajagrafindo Persada Azwar

Guntur Taringan, Hendy. 2015. Membaca sebagai suatu keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Haryati Oktavia, Sri dan Has, Zakir.2017. “Pengaruh Metode Pembelajaran Crossword Puzzle. Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMP Bukti Raya Pekanbaru”, Jurnal Pendididkan Ekonomi Akuntansi FKIP UIR). Vol.5 No. 1

Ihsan, Fuad. 2013. Dasar-dasar kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta. Indah S, Melia Nur. Statistik Deskriptif dan Indukatif. Jurnal Pendidikan Islam Al-I’tibar Vol.4 No.1.

Lestari, Putri dan Hudaya, Adeng. 2018. “Penerapan Model Quantum Teaching Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMP PGRI 3 Jakarta”. Jurnal Pendididkan Vol. 5 No. 4.

Machfoedz, Ircham. 2007. Statistika Indukatif, Yogyakarta: Fitrsmsys.

Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Pq4r Di Kelas VIII SMP Muhammadiyah 07 Sukaraja”. Mengembangkan Karakter Rel;igius Siswa Kelas VIII SMP Unggulan Citra Nusa Cibinong Kabupaten Bogor Tahun Ajaran 2018/2019”, Jurnal Prosiding Al-Hidayat Pendidikan Agama Islam.

Noor, Tajuddin. “Rumusan Tujuan Pendidikan Nasional Pasal 3 Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No.22 Tahun 2001(tinjauan melalui pendekatan nilai-nilai yang terkandung dalam semangat ayat 30 surah ar-Ruum dan ayat 172 surah al-A’raaf)”. Universitas SingaperbangsaKarawang.

Nur Indah S Melia. 2010. Statistik Deskriptif dan Induktif Yogyaakarta: Graha Ilmu Ramadhan.

Rahim, Farida. 2018. Pengajaran Pembaca Di Sekolah Dasar, Jakarta: Bumi Askara. Risky Sandy, dkk.2018.”Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Dalam

Rodin, Imam dan Sunenti, Dwi 2017. “Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Saifuddin. 2011. Mdia Pembelajaraan, Jakara: PT Rajagrafindo Persada.

Salim, Peter dan Yeni Salim, 1995. Kamus Besar Bahasa Indonesia Kontmporer. Jakarta: Modern Press.

Subana, dkk, 2000. Statistik Pendidikan, Bandung: CV Pustaka Setia. Sugiyono, 2004. Analisis Statistika Sosial, Malang: Banyumedia Publishing.