Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik pada materi garis dan sudut dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas model Kemmis dan Taggart yang dimulai dengan perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini berlangsung dalam siklus berulang sampai peserta didik mencapai ketuntasan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi garis dan sudut.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Albi, Meinisa dan Wasitohadi, (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Model Problem Based Learning berbantu Media Puzzle di Sekolah Dasar. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan. Vol (2), No (1)
Huda, Fathul. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pokok Bahasan Pancasila sebagai Dasar Negara Republik Indonesia Kelas VI Tahun Pelajaran 2018/2018. Jurnal PTK dan Pendidikan. Vol (3), No (2)
Muflihah, Ai. (2021). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Index Card Match pada Pelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Indonesia.Vol (2), No (1)
Nawi. (2012) . Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Kemampuan Penalaran Formal Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Menengah Atas (Swasta) Al Ulum Medan. Jurnal Tabularasa PPS UNIMED. Vol (9), No (1)
Nilayanti, dkk. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Literasi Sains Siswa Kelas VI SD. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia. Vol (3), No (1)
Ningtyas, Esthi Santi, Emy Wuryani, (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) Tipe Make-A Match Berbantuan Media Komik Interaktif untuk Meningkatkan Aktifitas Belajar dan Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi. Vol (3), No (1)
Arikunto, Suharsimi, et al. 2015. Penelitian Tindakan Kelas(edisi revisi). Jakarta : Sinar Grafika Offset
Aqib, Zainal, (2013). Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung : Yrama Widya
Dawey, Jhon (2003). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada
Kunandar, (2013). Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada
Kurniasih, Imas, (2015). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran (Untuk Peningkatan Profesionalitas Guru) : Kata Pena
Lie, Anita, (2002). Cooperative Learning (mempraktikan Cooperative Learning Di Ruang-Ruang Kelas). Jakarta : PT Grasindo
Ngalimun, et al. (2015). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta : Aswaja Pressindo
Purwanto, (2009). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Rusman, (2010). Model-Model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru Edisi Kedua). Jakarta : PT Rajagrafindo Persada
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta : Asdi Mahasatya.
Sukardi, (2016). Metodologi Penelitian Pendidikan (Kompetensi dan Praktiknya). Jakarta : PT Bumi Aksara
Susanto, Ahmad. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar (Edisi Pertama). Jakarta : Prenadamedia Group
Trianto, (2010). Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi, dan Implementasi dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta : PT Bumi Aksara
Wiriaatmadja, Rochiati, (2009). Metode Penelitian Tindakan Kelas (Untuk Meningkatkan Kinerja Guru dan Dosen). Bandung : PT Remaja Rosdakarya.