Pengembangan Sistem E-Elearning Berbasis Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Di SMAN 1 Talawi
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini menerangkan menganai sebuah pengambangan sistem E-learning Berbasis Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan yang dikembangkan dengan tujuan untuk menyediakan sebuah media pembelejaran berbasis web yang digunakan sebagai komplemen diluar jam pembelajaran bagi guru dan siswa. Sistem yang dikembangkan dalam penelitian ini menonjolkan aspek perencanaan pembelajaran yang baik sesuai dengan kurikulum satuan pendidikan yang digunakan di Indonesia ditambah dengan fitur-fitur standar seperti yang ada pada Learning Manajament System untuk tercapainya kegiatan pembelajaran. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui respon dan penilaian guru dan siswa mengenai sistem yang dikembangkan serta kelayakan dari sistem nya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pengembangan sistem e-learning berbasis kurikulum tingkat satuan Pendidikan SMAN 1 Talawi. Penelitian ini menggunakan metode kepustakaan. E-learning digunakan untuk proses pembelajaran melalui media elektronik yang digunakan oleh peserta didik dan pendidik. Kurikulum tingkat satuan pendidikan digunakan untuk mewujudkan kurikulum yang sesuai dengan kondisi, potensi kebutuhan dan permasalahan. Dari penelitian ini didapatkan hasil (1) hampir seluruh siswa memberikan respon yang cukup baik, (2) dari 2 guru yang mencoba sistem secara langsung didapatkan penilaian yang dapat dikategorikan baik, (3) tingkat kelayakan sistem yang diberikan oleh ahli sistem setelah melalui perbaikan dikategorikan sangat tinggi.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Chusna, N. L. (2019). Pembelajaran E-learning. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan KALUNI. scholar.archive.org. https://scholar.archive.org/work/uats75r2s5fi5ihjumuwnh3xgm/access/wayback/http://rumahpublikasi.com/index.php/prokaluni/article/download/36/20
Ichsan, I. Z., Rahmayanti, H., Purwanto, A., & ... (2020). Covid-19 dan E-Learning: Perubahan strategi pembelajaran sains dan lingkungan di SMP. … Pembelajaran). https://ejournal.umm.ac.id/index.php/jinop/article/view/11791
Indana, N. (2018). Penerapan Kurikulum Terintegrasi Dalam Mengembangkan Mutu Belajar Siswa (Studi Kasus Di Sma Darul ’Ulum 1 Unggulan Bppt Jombang). Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. https://e-journal.ikhac.ac.id/index.php/nidhomulhaq/article/view/80
Kristiyani, E., & Budiningsih, I. (2019). Pengaruh strategi pembelajaran e-learning dan minat belajar terhadap hasil belajar akuntansi. In Akademika. academia.edu. https://www.academia.edu/download/61564363/06_PENGARUH_STRATEGI_PEMBELAJARAN_E-LEARNING_Eva20191219-35423-pzhqq3.pdf
Negeri, G., & Purbalingga, M. (n.d.). LANDASAN PSIKOLOGIS PENGEMBANGAN KURIKULUM PAI. Ejournal.Amertamedia.Co.Id. https://ejournal.amertamedia.co.id/index.php/elhamra/article/view/14
Nudin, F. A., & Walujo, D. A. (2021). Pengaruh E-Learning, Pembelajaran Langsung, dan Faktor Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Prakarya Kewirausahaan. Edcomtech: Jurnal Kajian Teknologi …. http://journal2.um.ac.id/index.php/edcomtech/article/view/13769
Prabowo, I. (2020). PENGARUH PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS MOODLE TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS XI DI SMA …. repository.radenintan.ac.id. http://repository.radenintan.ac.id/9562/1/COVER S-D BAB II.pdf
Putra, R., Susilaningsih, S., & ... (2020). Pengembangan media website e-learning berbasis model responsive web design untuk siswa SMA. … Teknologi Pendidikan. http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/view/13114
Qolbi, S. K., & Hamami, T. (2021). Impelementasi Asas-asas Pengembangan Kurikulum terhadap Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan. https://www.edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/511
Ramdani, R., Rahmat, M., & ... (2018). media pembelajaran e-learning Dalam pembelajaran pendidikan agama islam Di sma laboratorium percontohan upi Bandung. … : Indonesian Journal of …. https://ejournal.upi.edu/index.php/tarbawy/article/view/13332
Ratnawati, N. K. M., Utama, I., & ... (2019). Pemanfaatan e-learning pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan …. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBS/article/view/20300
Sudomo, R. I. (2018). Implementasi E-Learning pada Program Studi Pendidikan Informatika Ikip Veteran Jawa Tengah. Joined Journal (Journal of Informatics Education). https://www.e-journal.ivet.ac.id/index.php/jiptika/article/view/617
Surani, D. (2019). Studi literatur: Peran teknolog pendidikan dalam pendidikan 4.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP. http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/view/5797
Utami, Y. P., & Cahyono, D. A. D. (2020). Study at home: analisis kesulitan belajar matematika pada proses pembelajaran daring. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/pendidikanmatematika/article/view/252
Zahra, D. N. (2020). PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA IT ABU BAKAR YOGYAKARTA. In At-Tajdid: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam. scholar.archive.org. https://scholar.archive.org/work/5ea4oai4dneufcl6mh6yl6culq/access/wayback/http://ojs.ummetro.ac.id/index.php/attajdid/article/download/1214/pdf